Jumat, 15 Desember 2017

Tips mencegah penuaan dini dan tetap awet muda


                     Tips awet muda dan mencegah penuaan dini
 
Hai sobat bertemu lagi dengan aku….

Bertambahnya umur dan menjadi tua adalah proses kehidupan yang natural dan tidak bisa dielakkan. Seiiring berjalannya waktu kulit perlahan-lahan tidak elastis lagi dan juga mengalami masalah seperti keriput, bercak dan juga mudah rusak.
Tapi menjadi tua adalah hal normal, tapi Anda bisa memperlambat proses penuaan dini dan tampil jauh lebih mudah dari umur Anda yang sebenarnya.. Cara tetap awet muda yang dibahas disini bisa diterapkan oleh semua orang karena tidak memerlukan biaya mahal, operasi plastik, botox, dll

               
Berikut ini adalah beberapa Tips mencegah penuaan dini dan tetap awet muda :



1.Istirahat dan tidur yang cukup

Pernahkah Anda telat tidur atau hanya tidur malam sebentar kemudian mendapati wajah terlihat tua saat bangun? Hal ini terjadi karena proses regenerasi kulit terjadi saat Anda tidur, jadi untuk tetap tampil awet muda usahakan istirahat yang cukup, jangan tidur terlalu telat dan gunakan juga krim malam.








2.Minum Air putih yang mencukupi

Air merupakan elemen terpenting dalam tubuh dan perlu diasup minimal 8 gelas tiap harinya. Konsumsi air yang tercukupi akan memastikan tiap organ dalam tubuh berjalan sempurna dan membantu proses pencernaan makanan. Tapi yang terpenting, Air membuat kulit tetap lembab, elastis dan kenyal.









3.Diet sehat

Lakukan diet yang sehat, ini artinya menyeimbangkan asupan makanan dengan protein yang tinggi dikombinasikan dengan sayur dan buah-buahan yang mengandung anti-oksidan yang baik bagi kulit. Diet yang sehat selain baik untuk kulit wajah juga dapat membantu menjaga atau menurunkan berat badan.






4.Hindari Stress


Tiap orang mempunyai permasalahan dan kesibukan yang berpotensi membuat stress. Orang yg mengalami stress rentan terhadap penuaan dini karena terganggunya keseimbangan hormon tubuh, regenerasi sel tubuh, dan generasi sel kolagen kulit.

Jadi hindari stress dengan sesekali pergi liburan, melakukan aktivitas bersama kerabat dan teman, atau mengendalikan pikiran melalui latihan yoga.





5.Masker buah-buahan



Aplikasikan masker wajah menggunakan buah seperti pepaya (memperbaiki kulit kering dan mencegah pelepasan melanin), strawberry (mengandung beta carotene & Vitamin A utk regenerasi kolagen), dan Aloe vera (menghilangkan garis tipis di kulit).





6Latihan & Olahraga secara teratur


Selain menjaga badan tetap sehat bugar, olahraga sebenarnya juga penting bagi orang yang ingin tetap tampil awet muda. Hal ini dikarenakan olahraga akan membuat peredaran darah menjadi lancar dan membuat proses regenarasi kulit mati lebih cepat








Usaha-usaha ini bukanlah untuk memperpanjang umur karena betapapun umur manusia tetap terbatas sebagaimana kodrat yang terlah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa 

Sumber : Majalah Kedokteran Nusantara Vol.38 No.2 Juni 2005







1 komentar: